Home Berita Batsul Masail Kisah Inspiratif Sejarah Ruang Santri Tanya Jawab Tokoh Aswaja Dunia Islam Khutbah Amalan & Doa Ubudiyah Sambutan Pengasuh Makna Lambang Sejarah Pesantren Visi & Misi Pengasuh Struktur Jadwal Kegiatan Mars Bahrul Ulum Denah Opini Pendaftaran Santri Baru Cek Status Brosur Biaya Pendafataran Pengumuman Statistik Santri Login Foto Video Kontak
Kisah Inspiratif

Kunci Kehidupan Bermasyarakat

Kunci Kehidupan Bermasyarakat
Kunci Kehidupan Bermasyarakat

Dalam ilmu pendidikan manusia memiliki kebutuhan sosial yang menjadikannya sebagai makhluk sosial. Mereka mempunyai kecenderungan untuk hidup bersama dan saling membutuhkan satu sama lain. Kunci sukses bermasyarakat adalah masuk dan memahaminya. Ada beberapa kunci yang harus dipahami santri dalam kehidupan bermasyarakat.

Syaikh Zainuddin Al-Malibari menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermasyarakat. Beliau menjelaskan dalam kitabnya “Hidayah Al-Adzkiya' ila Thoriq Al-Auliya”, pada bab tawakkal dan uzlah sebagai berikut:

1. Seseorang harus bisa mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran dengan cara yang baik.

2. Harus kuat dan sabar karena dimasyarakat pasti ada cemoohan, gunjingan, dan lain-lain.

3. Ia yakin bisa menghindari kemaksiatan dimasyarakat.

4. Jangan menghina dimasyarakat dan jangan tamak terhadap harta dan pangkat.

5. Hindari meminta-minta.

Pada intinya, seorang santri harus mempunyai jiwa pendidik. Apa yang ia lakukan adalah sebuah pengabdian agar masyarakatnya menjadi tahu dan terdidik dengan baik dan benar terutama dalam ajaran syariat agama Islam.