Home Berita Batsul Masail Kisah Inspiratif Sejarah Ruang Santri Tanya Jawab Tokoh Aswaja Dunia Islam Khutbah Amalan & Doa Ubudiyah Sambutan Pengasuh Makna Lambang Sejarah Pesantren Visi & Misi Pengasuh Struktur Jadwal Kegiatan Mars Bahrul Ulum Denah Opini Pendaftaran Santri Baru Cek Status Brosur Biaya Pendafataran Pengumuman Statistik Santri Login Foto Video Kontak
Kisah Inspiratif

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja
Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi baik, telaten, dan mandiri. Karena itu orang tua harus bisa mendidik dan mengarahkan anaknya sebaik mungkin. Banyak anak sekarang yang tidak telaten dalam mengerjakan sesuatu, manja, dan akhirnya tidak mandiri. Dengan demikian anak pun malas dan lebih suka menyuruh-nyuruh.

Di Pondok Pesantren setiap santri diajarkan untuk telaten, mandiri, dan tidak manja. Setiap satu minggu sekali pasti ada kerja bakti membersihkan pondok dan setiap harinya juga ada piket kamar, komplek, dan pondok. Dari kegiatan itulah tertanam nilai positif tadi dan berani kotor. Anak yang tidak berani kotor cenderung enggan membersihkan lingkunganya, dan akhirnya berujung manja dan tidak mandiri, karena lebih suka menunjuk dengan jari (menyuruh). 

Imbasnya pun ia akan sulit hidup dalam kesederhanaan apalagi dalam kondisi susah, padahal hidup itu bagai roda yang berputar. Anak yang mandiri jauh lebih hebat dalam memecahkan masalah dari pada anak yang manja, karena yang mandiri kaya pengalaman.

Oleh sebab itu, mari kita didik anak-anak kita sejak dini. Inilah yang akan membuka jalan cerah masa depan mereka.