Home Berita Batsul Masail Kisah Inspiratif Sejarah Ruang Santri Tanya Jawab Tokoh Aswaja Dunia Islam Khutbah Amalan & Doa Ubudiyah Sambutan Pengasuh Makna Lambang Sejarah Pesantren Visi & Misi Pengasuh Struktur Jadwal Kegiatan Mars Bahrul Ulum Denah Opini Pendaftaran Santri Baru Cek Status Brosur Biaya Pendafataran Pengumuman Statistik Santri Login Foto Video Kontak
Aswaja

Mukallaf dan Kewajibannya (2)

/gambar diambil dari detik.com
/gambar diambil dari detik.com

Bagi setiap mukallaf muslim, sudah barang tentu kewajiban yang paling wajib adalah dengan memahami dan mengamalkan makna dari 2 kalimat syahadat yang selalu dibaca dalam setiap shalat fardlu, yakni:

 

اَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا اللّهُ وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّهِ

 

“Saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.”

 

Pada hakikatnya, dua kalimat syahadat ini adalah bentuk pengenalan dan pengakuan atas ke-esa-an Allah sebagai tuhan dan menyucikan sifat ketuhanan hanya milik Allah. Juga memiliki makna pengakuan atas kerasulan Nabi Muhammad. Di sisi lain dua kalimat syahadat ini juga menjadi bentuk pengenalan bagi umat muslim bahwa setiap muslim diwajibkan mengenali Allah sebagai tuhannya dan juga Nabi muhammad sedabai Nabinya.

 

Mengenai kewajiban mengenal Allah dan Nabi Muhammad inilah, para ulama’ tauhid telah menyusun bab tersendiri dalam berbagai kitabnya. Dimana bab ini seringkali berada dalam awal pembasan dalam seriap kitab tauhid. Yakni bab mengenai sifat-sifat Allah dan sifat wajib para utusan atau rosul.

 

Secara umum, dalam berbagai kitab tauhid, Allah dan rosul memiliki 3 jenis sifat. Yakni sifat wajib, sifat mustahil dan sifat jaiz. Dimana perincian masing-masingnya menurut madzhab Asy’ariyyah adalah:

 

  1. sifat wajib Allah ada 20 (pendapat Maturidyyah mengatakan 13)
  2. sifat mustahil Allah ada 20 (pendapat Maturidiyyah mengatakan 13)
  3. sifat jaiz Allah ada 1.

 

Sehingga total dari sifat Allah secara keseluruhan adalah 41 sifat. Sedangkan untuk rosul sendiri memiliki:

 

  1. sifat wajib 4,
  2. sifat mustahil 4
  3. sifat jaiz 1

 

Jika seluruh sifat rosul ditotal berjulah 9. Jumlah secara keseluruhan antara sifat-sifat Allah yang berjumlah 41 dan sifat-sifat rosul yang berjumlah 9 adalah 50 sifat, yang dalam tauhid dikenal dengan istilah aqoid 50.

 

Selain mengenal Allah dan rosulnya, setaip mukallaf muslim juga dikenai kewajiban berupa mengenal malaikat-malaikat Allah, akan tetapi, para malaikat allah tidak ada yang mengetahui jumlah keseluruhannya kecuali Allah. Sehingga, setiap mukallaf hanya diwajibkan untuk menganal 10 nama malaikat saja.

 

Lalu untuk kitab yang diturunkan kepada para rosul, pendapat yang masyhur mengatakan bahwa keseluruhannya berjumlah 114 kitab. Dari semua itu, para mukallaf tidak diwajibkan untuk mengenal kesemuanya, hanya saja mereka diwajibkan untuk mengenal hanya 4 kitab dan masing-masing penerimanya.

 

Lalu ada juga kewajiban kaum mukallaf terkait masalah janji tuhan, yakni mempercayai dan mengimani adanya hari akhir dan hal hal setelahnya. Hal ini meliputi siksa kubur, bangkit dari kubur, hisab, timbangan amal dan keputusan untuk masuk surga dan neraka serta janji-janji lainnya.

 

Serta yang termasuk wajib diimani oleh setiap mukallaf adalah terkait masalah takdir, yakni segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan makhluk itu adalah keputusan dari Allah, baik hal baik maupun buruk, segala hal itu berasal dari keputusan Allah. Akan tetapi bagi manusia, dia wajib untuk berikhtiyar dan berusaha.

 

Ini adalah sedikit pembahasan singkat terkait rukun iman yang merupakan dasar tauhid dan sekaligus salah satu makna tauhid yang terkandung dalam dua kalimat syahadat. Untuk pembahan lebih rinci dalam setiap poin, akan dibahas secara tersendiri.

 

Oleh: Abdullah Machbub